Link

Chat Box

Sabtu, 01 Januari 2011

Basic Hardware Networking

Dasar Hardware Jaringan

Salah satu hal yang paling mendasar yang perlu dipelajari untuk mengawali proses belajar menjadi administrator jaringan adalah dengan mempelajari Basic Hardware Networking.Pelajaran ini adalah inti dari networking karena semua paket data yang dikirim maupun diterima komputer ke server maupun sebaliknya melalui jaringan ini.
Kali ini saya akan mencoba menjelaskan gambaran tentang hardware jaringan.




1. Hub
Hub adalah sebuah alat dengan kecepatan 10Mbps yang menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan kabel RJ-45 jenis Straight, kabel tersebut dicolokkan kedalam port-port yang ada dan komputer yang dihubungkan diset IP nya dengan IP yang sama sehingga terbentuklah sebuah Jaringan LAN. Hub tidak memiliki fasilitas routing, sehingga paket data yang diterima akan dikirim ke semua client LAN nya (broadcast).ini berarti, semua komputer yang terhubung dapat memanfaatkan 100% bandwith yang tersedia.

2. Router
Router adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mem-forward palet data yang diterima dari jaringan ynag satu ke jaringan yang lain, baik antara LAN dengan LAN, maupun LAN dengan WAN sehingga host yang ada pada jaringan di sebuah tempat bisa berhubungan dengan jaringan di tempat lain. Intinya adalah sebagai jembatan antara satu jaringan dengan jaringan lainnya .
router biasanya terletak setelah modem. Gambarnya sebagai berikut :
Internet <--> Modem <--> Router <--> LAN




3. Switch

Switch adalah alat yang menghubungkan beberapa LAN yang terppisah serta menyediakan filter paket LAN. Switch sering dipakai dalam Topologi Star. Hampir sama dengan HUB tetapi memiliki beberapa kelebihan antara lain:
- Mampu menginspeksi paket-paket data yang mereka terima.
- Mampu menentukan sumber dan tujuan paket yang melaluinya.
- Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat.


Swiitch digunakan sebagai repeater/ penguat sinyal. Swicth hanya dapat bekerja secara penuh (Full- Duplex) yaitu dapat mengirim atau menerima data secara bersamaan . Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.
Contoh gambar switch :


Baiklah sekian tutorial yang dapat saya bagi dalam blog ini, kurang lebihnya saya mohon maaf karena saya juga masih belajar .. Hehe ..

At least Thanks .. ^^

Sumber : Google

1 komentar:

wah makasih ya mass
ini juga bermanfaat
sekalian saya ijin repost di blogs saya..? Xd
tenang aja credit pasti di blog ini

sukses terus ya mas

Posting Komentar